[Mykr's #17 Target Story]: Menjadi Salah Satu Mahasiswa Terbaik di Kampus

Mahasiswa Berprestasi Utama Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin Tahun 2020

Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan setiap tahunnya dengan fokus pada program Sarjana dan Diploma. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Tahapan seleksi Pilmapres dimulai di tingkat universitas atau perguruan tinggi masing-masing untuk memilih perwakilan atau representatif mahasiswa berprestasi dari setiap kampus. Tentunya dalam internal perguruan tinggi akan ada seleksi tersendiri untuk memilih mahasiswa terbaiknya. Salah satunya, Universitas Hasanuddin sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia memiliki sistem seleksi antar fakultas terlebih dahulu yang ketentuannya diatur oleh masing-masing fakultas, kemudian dilanjutkan di tingkat universitas yang mempertemukan 15 mahasiswa terbaik dari masing-masing fakultas. Pemenang di tingkat universitas selanjutnya menjadi utusan pada Pilmapres tingkat Wilayah hingga kemudian melaju ke tahap final di tingkat Nasional untuk mendapatkan gelar Mahasiswa Berprestasi Utama Nasional.

Berpartisipasi dalam rangkaian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tentunya tidaklah mudah, untuk bisa berpartisipasi dan memenangkan gelar Mahasiswa Berprestasi patut untuk mempersiapkan beberapa hal dengan sungguh-sungguh sesuai ketentuan dalam Pilmapres. Persyaratan umum yang mesti dipenuhi untuk bisa berpartisi diantaranya: Mahasiswa aktif program Sarjana maksimal semester VI atau Diploma yang terdaftar pada PD-Dikti, Berusia tidak lebih dari 22 tahun per 1 Januari pada tahun penyelenggaraan, belum pernah menjadi finalis Pilmapres Nasional. Adapun beberapa hal yang patut dipersiapkan diantaranya: mempersiapkan portofolio Capaian Unggulan beserta lampiran pendukungnya (format dan ketentuan selengkapnya bisa diakses pada pedoman Pilmapres terbaru), Gagasan Kreatif (detail penyusunan naskah juga ada pada pedoman), dan memperbaiki pengucapan dalam Bahasa Inggris (hal ini menjadi bagian dari seleksi di universitas, dan akan digunakan dalam presentasi pada seleksi Nasional).

Ambil bagian dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tak hanya sekedar mematok prestasi mahasiswa di bidang akademik, namun segala pencapaian yang pernah diraih selama kuliah akan menjadi penilaian di dalamnya dengan rate nilai sesuai ketentuan dalam pedoman, dengan mempertimbangkan jenis kegiatan, posisi/ peran, level kegiatan, dll. Hal ini merupakan bagian dari Capaian Unggulan yang mesti dipersiapkan. Capaian Unggulan (CU) adalah hasil istimewa yang mendapat pengakuan dan diperoleh selama menjadi mahasiswa baik dari kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Kegiatan yang menghasilkan capaian unggulan dikelompokkan ke dalam tujuh bidang utama diantaranya: Kompetisi/ Kejuaraan, Pengakuan, Penghargaan, Karier Organisasi, Hasil Karya, Pemberdayaan/ Aksi Kemanusiaan, dan Kewirausahaan. Kegiatan yang dilakukan event organizer dan dapat diikuti oleh siapa saja asal membayar sejumlah biaya tidak dianggap sebagai capaian unggulan. Melalui Aplikasi Pilmapres, peserta mengajukan maksimal 10 CU. Untuk tiap bidang, peserta hanya boleh mengajukan maksimal 4 CU yang dapat berkombinasi untuk menghasilkan skor setinggi mungkin. Ketentuan lainnya terkait CU dapat dilihat dalam pedoman terbaru.

● ● ● ● ●

Juara 1 pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) di tingkat Fakultas

Alhamdulillah…

Saya sebagai repsentatif Mahasiswa Berprestasi Departemen Biologi berhasil mendapatkan posisi pertama di seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Fakultas MIPA Unhas tahun 2020 dan menjadi kepercayaan Fakultas MIPA untuk melanjutkan perjuangan pada Pilmapres di tingkat Universitas menghadapi 14 Mahasiswa Berprestasi lainnya dari masing-masing Fakultas yang ada di Unhas. 



 ● ● ● ● ●

Finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Hasanuddin

Alhamdulillah…

Mendapat kesempatan emas bisa bertemu dan berbagi dengan 14 Mahasiswa Berprestasi lainnya, delegasi masing-masing fakultas yang ada di Unhas pada Pilmapres tingkat Universitas Hasanuddin (27-30 Mei 2020). Serangkaian seleksi di tingkat Universitas kala itu cukup menantang jika dibandingkan dengan seleksi di tingkat Fakultas. Ada beberapa tahapan seleksi yang mesti dilalui yakni: Presentasi Gagasan Kreatif berbahasa Indonesia, Presentasi Gagasan Kreatif berbahasa Inggris, Tes Psikologi secara tertulis dan wawancara, dan Penilaian interaktif Capain Unggulan. Kala itu kegiatan Pilmapres tingkat Universitas berlangsung secara daring sebab kondisi pandemi Covid-19 mulai merebak. Saya mengikuti rangkaian seleksi secara daring di rumah di daerah (kampung). Sebelumnya, kegiatan seleksi universitas ini harusnya telah selesai sekitar dua bulan sebelumnya yakni pasca seleksi di fakultas masing-masing bercermin di tahun sebelumnya, namun karena kondisi saat itu yang tidak memungkinkan sehingga internal kampus menunda pelaksanaan dan sama sekali tidak ada kelanjutan informasi di bulan berikutnya. Pada akhirnya kami mendapatkan informasi secara tiba-tiba dua bulan setelahnya bahwa pelaksanaan akan berlangsung secara daring dan ada beberapa persiapan yang membuat saya sedikit kewalahan seperti tidak menggunakan almamater selama kegiatan sebab tertinggal di kos di Makassar dan tidak ada akses untuk meminjam namun ketentuan itu tidak menjadi permasalahan, kondisi perangkat laptop yang digunakan tidak stabil begitupun dengan jaringan, serta berusaha interaktif di depan layar monitor. Rangkaian presentasi Gagasan Kreatif disiarkan secara langsung pada akun Youtube Kemahasiswaan Unhas. Alhamdulillah, merasa senang dan semangat ternyata ada banyak orang yang menyaksikan dan memberikan dukungan.



Alhasil pemenang dari seleksi di tingkat Universitas diraih oleh Mahasiswa Berprestasi dari Fakultas Hukum. Meskipun tidak menjadi yang terbaik, namun tetap bangga terhadap diri karena telah berjuang sampai di tahap itu yang sebelumnya pun tidak pernah menyangka bisa ikut di kegiatan Pilmapres ini. Kegiatan Pilmapres menjadi salah satu kegiatan/kompetisi terbesar yang ada di kampus dan banyak dinantikan oleh mahasiswa. Beberapa mahasiswa berlomba mempersiapkan diri untuk bisa berpartisipasi di kegiatan ini.

Selepas kegiatan ini, kami para finalis di tingkat Universitas Hasanuddin selanjutnya tergabung dan tetap menjalin komunikasi di Akademi Mahasiswa Berprestasi Unhas. Akademi Mahasiswa Berprestasi merupakan semacam komunitas untuk alumni Pilmapres tingkat Unhas yang selanjutnya di setiap Angkatan baru akan mengambil kendali dalam mempersiapkan program kerja untuk mensosialisasikan Pilmapres secara meluruh di kampus dan mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa terbaik untuk bisa tergabung dalam Pilmapres tahun berikutnya. Program utama yang diadakan yakni Mawapres Camp, kegiatan ini semacam coaching program untuk 15 Mahasiswa Berprestasi yang telah terpilih di tingkat Fakultas untuk mempersiapkan diri sebelum seleksi di tingkat Universitas. 

Dokumentasi Lainnya:




Komentar

Postingan Populer