Ordo PIPERALES, Subclassis Apetalae, class Dicotyledoneae...


Contoh Species per Familia dari Ordo Piperales
(Design by: @mykr93)

Tumbuh-tumbuhan ini tidak memiliki kelopak dan mahkota, serta bunganya berkelompok menjadi bulir yang rapat. Biji sering kali memiliki perisperma. Daun berhadapan dan berstipula. Ordo ini mencakup tiga famili yang berhubungan erat yaitu Chloranthaceae, Saururaceae, dan Piperaceae.
1.      Chlorantaceae
Famili ini merupakan family primitif pada ordo ini yang memiliki beberapa karakter Magnolialian, seperti benang sari laminar dan ketiadaan pembuluh pada beberapa tumbuhan. Famili kecil yang hidup di wilayah tropis ini terdiri atas 5 genus dengan 75 species. Tumbuhan-tumbuhannya kebanyakan berupa herba aromatik dengan daun tunggal berhadapan dan stipula antartangkai. Bunga berkelamin tunggal dalam bentuk bulir dan tidak memiliki tajuk. Benang sari berjumlah 1-3, yang tampak muncul dari bakal buah didekat bagian tengah, berpautan menjadi suatu lembar tipis (jika berjumlah 3, benang sari tengah memiliki empat sporangium dan benang sari lateral memiliki dua sporangium) dan karpel tunggal yang memiliki bakal biji soliter menggantung dan kepala putik sesil. Buah berupa drupa.
2.      Saururaceae
Famili yang terdiri dari 5 genus dengan 7 species ini mirip dengan Piperaceae karena memiliki dua cincin konsentris yang tersusun dari berkas pembuluh pada batang dan aspek-aspek lainnya, tetapi berbeda karena memiliki beberapa karpel yang bergabung membentuk bakal buah unilokul dan banyak bakal biji dalam plasentasi parietal.

3.      Piperaceae
Piperaceae merupakan famili puncak pada ordo ini dengan 10 genus yang mencakup 1400-2000 species yang tersebar di wilayah tropis. Tumbuhan-tumbuhan ini kebanyakan berupa herba atau tumbuhan merambat yang umumnya memiliki minyak atsiri dan alkaloid piridin. Anatomi batangnya khas karena memiliki berkas pembuluh cincin atau tersebar seperti pada monokotil, yang terbuka dengan cambium intrafasikular. Daun tunggal, berselingan. Stipula menempel pada tangkai atau tidak ada. Bunga tersusun dalam bulir yang rapat di ketiak. Masing-masing bunga muncul dari ketiak braktea berbentuk perisai dan tidak memiliki tajuk, dapat berkelamin ganda atau berkelamin tunggal. Benang sari 3+3, bebas. Bakal buah superior, unilokul, memiliki bakal biji basal tegak. Buah berupa drupa, biji memiliki banyak perisperma. Embrio agak tidak terdiferensial di dalam biji.
            Sebagai pengecualian, pada Peperomia minyak atsiri tidak ada, benang sari monotekal.

Komentar

Postingan Populer