[Mykr's Article #2] Mengenal Hidroponik


Mengenal Hidroponik


Hidroponik merupakan suatu teknik penanaman yang memanfaatkan air sebagai media tanam. Hidroponik banyak dimanfaatkan masyarakat perkotaan, teknik ini banyak dilakukan karena di daerah perkotaan sangat sedikit lahan tanah yang dapat ditemukan sebagai media pertanaman sehingga hal ini menjadi salah satu keuntungan dari penggunaan hidroponik. Keuntungan lain yang didapatkan dari penggunaan hidroponik yaitu tanaman yang dihasilkan lebih berisi, besar, segar, efisien, banyak, dan dapat ditempatkan di berbagai tempat yang tersedia cahaya yang cukup. Tanaman yang dapat ditumbuhkan dan banyak dimanfaatkan di media hidroponik yaitu sayur-sayuran.
          Mahasiswa Biologi FMIPA UNHAS menerapkan hidroponik ini dengan memilih sayur-sayuran berupa kangkung, bayam, sawi, dan talas. Lokasi hidroponik bertempat di lantai 4 Biologi FMIPA UNHAS. Teknik hidroponik yang digunakan berupa instalasi pipa yang disusun dengan bantuan mesin untuk mengatur sirkulasi air yang melewati pipa. Bahan dan alat yang digunakan yaitu bibit tanaman, air, nutrisi yang dicampur kedalam air dengan konsentrasi tertentu sesuai banyaknya air, ember, net pot sebagai wadah tanaman, kain panel, rockwool sebagai tempat semaian, dan batu sebagai penyangga semaian agar tetap tumbuh lurus. Adapun langkah kerjanya yaitu bibit terlebih dahulu disemai didalam pot kecil atau diatas saringan air sampai tumbuh semaian ditandai dengan tumbuhnya tiga daun, setelah menjadi semaian dipindahkan ke net pot yang telah dirangkai bersama kain panel dan rockwool, dan diletakkan di instalasi hidroponik. Pertumbuhan tanamanpun perlu dikontrol selama pertumbuhannya seperti membalikkan wadah tanam dari arah cahaya jika tanaman terus cenderung memanjang ke arahnya dengan tujuan agar pertumbuhan tingginya tetap seimbang dan banyaknya air diember tiap minggunya perlu dikontrol jangan sampai persediaannya kurang.
          Hidroponik ini kemudian diperkenalkan ke mahasiswa baru yang bertempat di lantai 4 Biologi FMIPA UNHAS pada hari kamis, 29 Maret 2018. Mahasiswa biologi unhas dituntut untuk terus berkarya dengan menerapkan ilmu-ilmu hayati yang didapatkan dan terus dikembangkannya serta diteruskan ke generasi-generasi cemerlang berikutnya (*MASYKUR).


Komentar

Postingan Populer