[Mykr's Note #1] Memahami Kemampuan Sebagai Alternatif Memilih Program Studi Kuliah yang Tepat



Memahami Kemampuan Sebagai Alternatif Memilih Program Studi Kuliah yang Tepat


Menentukan program studi kuliah adalah sesuatu yang lumrah bagi setiap siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya dari sekolah menengah ke dunia perkuliahan. Sayangnya diantara mereka ada yang tidak memahami kemampuan yang dimilikinya, sehingga program studi yang akan ditempuhnya di jenjang perkuliahan tidak jelas dan tidak menentu. Selain itu, diantara mereka masih ada yang bingung menentukan jurusannya, bahkan ada yang sudah memilih jurusan tapi berbanding terbalik dengan kemampuan yang dimilikinya. Mereka juga tidak lepas dari pengaruh eksternal seperti perintah dari orang tua bahkan pengaruh dari teman, sehingga pilihan siswa untuk melanjutkan kuliahnya tidak menentu dan tidak sepenuhnya dari kemauannya. Prospek kerja yang dijanjikan program studi juga memberi pengaruh besar bagi siswa, karena dengan prospek kerja yang baik bisa menjamin kehidupannya kedepan, sehingga dengan hal tersebut mendorong para siswa memilih program studi favorit.
 Program Studi kuliah adalah program yang disediakan kampus untuk para siswa yang ingin melanjutkan studinya di dunia perkuliahan pada satu bidang kuliah yang dipilihnya. Program studi yang dipilih para pelajar adalah betul-betul program studi yang digelutinya dan cocok untuk perkembangannya kedepan.
Program studi memang memberikan yang terbaik untuk mahasiswanya nanti, tapi tak semua diantara mereka mengalami keberhasilan. Para siswa sekolah menengah kebanyakan memandang kesuksesan yang digapai para mahasiswa pada suatu program studi kuliah, sehingga hal tersebut yang menjadi pacuan dan semangat untuk mengikuti jejak kesuksesan tersebut. Mereka yang berhasil di suatu program studi pada perkuliahan adalah orang yang betul-betul memahami potensi dirinya bahwa mereka bisa bersaing, berkembang, dan menghadapi kesulitan yang datang.
Tidak masalah seorang calon mahasiwa mengambil motivasi dari seorang mahasiswa dan tidak masalah pula tertarik melihat kebanyakan orang sukses di suatu program studi. Tapi bukan berarti ingin menjadi sukses seperti mereka dengan program studi yang sama, sedangkan tidak mengetahui bagaimana hubungan potensinya dengan program studi tersebut. Para pelajar rata-rata melihat suatu program studi hanya dari kulitnya saja bukan proses yang ada didalamnya, sehingga mereka tertarik untuk mencoba tanpa memilki keahlian sebelumnya dan pada akhirnya kegagalan dan rasa kecewa menghantui mereka.
Seorang pelajar pasti memiliki keinginan yang besar untuk sukses kedepannya dan ingin menjadi sebagian dari orang yang sukses di luar sana. Hal tersebut mendorong minat mereka untuk mengambil program studi yang tepat yang menjamin kesuksesannya. Kita ketahui minat memang menjadi sesuatu yang wajar dan harus dimiliki setiap orang agar bisa menjalani sesuatu dengan ikhlas dan sesuai dengan kemauannya. Tapi para pelajar perlu mempertimbangkan kemampuan yang dimilikinya selain ada minat yang mendorongnya, karena jangan sampai kemampuan menjadi penghalang keberhasilan untuk menjalani program studi tersebut. Bahkan sebelum menjalani program studi tersebut, memasukinya saja ternyata sangat sulit dan peluang baginya sangat kecil.
Masalah yang ikut mendorong para siswa selain tingkat kemampuannya yaitu dengan adanya pengaruh dari luar seperti teman dan paksaan dari orang tua. Siswa yang mengikuti temannya merasa bahwa dengan hal tersebut mereka merasa lebih aman dan lebih percaya diri di tempat baru. Dvvb
Kemampuan adalah hal yang lebih utama diperhatikan dibanding dengan hal lainnya karena pengaruh lainnya hanya sekedar pendukung. Dengan hal tersebut semestinya para siswa di tingkat sekolah menengah sudah mengetahui kemampuan yang dimilkinya selama menjalani pendidikan di sekolah, karena dengan memahami kemampuan yang dimilikinya bisa memudahkan membawa kesuksesan kedepannya. Sekolah memang sebagai wadah latihan bagi para peserta didik untuk memahami kemampuannya dan mengembangkannya sebagai persiapan ke jenjang yang lebih serius. Tak ada salahnya lagi alasan jika peserta didik khususnya pelajar akhir sekolah menengah atas belum mengetahui kemampuannya.
Kemampuan yang dimiliki seseorang nantinya akan menimbulkan bakat. Bakat tersebut adalah suatu hadiah terbesar yang didapatkan dari hasil belajar dan dari hasil mengasah kemampuan yang dimiliki. Seorang siswa sangat mudah menilai dirinya jika bakat yang dimiliki sudah tercermin jelas dalam dirinya. Pasti seorang pelajar yang nantinya menjadi calon siswa sudah tahu program studi apa yang akan digeluti berdasarkan bakat yang dimilki. Bakat tersebut akan terus berkembang dan berjalan jika terus dilakukan. Program studi yang dipilih sesuai bakat dan kemampuan yang dimiliki akan menjadi program studi yang disenangi dan akan mudah membawa ke arah keberhasilan.
Jadi salah memilih program studi untuk memasuki dunia perkuliahan bisa membuat kekecewaan dan dapat menjerumuskan ke jalan kegagalan serta peluang untuk sukses sangat sedikit, karena kemampuan yang dimiliki tidak mencapai apa yang diinginkan. Memahami kemampuan adalah suatu kemudahan bagi seseorang karena telah bisa mengukur kemampuan yang dimilkinya. Pelajar mestinya memahami hal tersebut agar nantinya mereka tidak salah memilih program studi di jenjang kuliah. Kesuksesan akan lebih mudah tercapai jika kemampuan sejalan dengan program studi yang dipilih.

Komentar

Postingan Populer